BADAN PUSAT STATISTIK
Kebijakan Akses

Katalog Datamikro berisi data yang mempunyai jenis akses yang berbeda-beda. Kebijakan jenis akses untuk masing-masing data ditentukan oleh BPS. Untuk semua kebijakan akses, pengguna data mengakui bahwa BPS tidak bertanggung jawab atas penggunaan data atau interpretasi atau kesimpulan berdasarkan penggunaan data tersebut.

Akses langsung

Data dan dokumentasi yang terkait bebas untuk diakses tanpa persyaratan apapun. Pengguna data tidak perlu mendaftar atau memberikan informasi untuk mengunduhnya.

Data publik

Data publik bebas untuk diakses untuk pengguna yang terdaftar. Pengguna data harus mendaftar terlebih dahulu dan menyetujui persyaratan yang ditetapkan. Untuk mengunduh data, pengguna data harus login terlebih dahulu.

Data berlisensi

Data berlisensi adalah data yang terbatas hanya untuk pengguna data yang terpercaya dan membutuhkan akses data tersebut. Pengguna data harus mengajukan aplikasi permintaan akses data dan menyetujui persyaratan yang diberikan terkait penggunaan data tersebut. Pengajuan permintaan akses data tersebut dapat disetujui ataupun ditolak.

Berdasarkan aturan dan kebijakan yang dikeluarkan BPS, maka untuk mendapatkan data ini dikategorikan menjadi 3 (tiga), yaitu berbayar, nol rupiah dan gratis. Untuk data yang berbayar didasarkan kepada Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 2015 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Badan Pusat Statistik.

Penjualan Datamikro :
1. Sampai dengan 50 MB Rp 100,00 Per 1000 bytes
2. Tambahan per 1000 bytes di atas 50 MB sampai dengan 100 MB Rp 50,00 Per 1000 bytes
3. Tambahan per 1000 bytes di atas 100 MB sampai dengan 500 MB Rp 25,00 Per 1000 bytes
4. Tambahan per 1000 bytes di atas 500 MB sampai dengan 1000 MB Rp 15,00 Per 1000 bytes
5. Tambahan per 1000 bytes di atas 1000 MB Rp 5,00 Per 1000 bytes

Data enclave

Pengguna data harus mengajukan permohonan untuk mengakses data dalam fasilitas onsite yang aman. Fasilitas tersebut berupa komputer-komputer yang telah disediakan khusus untuk mengakses data tersebut. Pengajuan akses data enclave dapat disetujui ataupun ditolak.

Repositori eksternal

Data tersedia di tempat/institusi/situs lain, dimana Katalog Datamikro hanya menyediakan metadata dan dokumentasinya.

Data tidak tersedia

Beberapa data belum mempunyai kebijakan akses atau data tersebut memang tidak dapat diakses berkaitan dengan aturan diseminasi data BPS. Katalog Datamikro menyediakan metadata dan dokumentasinya untuk kelengkapan katalog datamikro.


Copyright (C) 2015 BPS Statistics Indonesia. Powered by NADA 4.3 and DDI.
All Rights Reserved