BADAN PUSAT STATISTIK
Frequently Asked Questions (FAQ)


Apa itu datamikro?
Datamikro (microdata) merupakan data rinci hasil dari sensus/survei/kompilasi yang telah dilakukan proses konfidensialisasi (menghilangkan identitas responden). Datamikro berbeda dengan data agregat (data hasil tabulasi). Anda dapat melihat contoh isi dari datamikro di tab Sampel Datamikro di halaman penjelasan dataset.

Bagaimana cara mendapatkan data di BPS?
Klik di sini untuk mendapatkan informasi mengenai tata cara mendapatkan data di BPS.

Bagaimana untuk mendapatkan datamikro BPS yang tidak ada dalam katalog?
Katalog datamikro saat ini masih dalam tahap penambahan dataset. Jika membutuhkan data tapi tidak tersedia dalam katalog, silakan kirimkan permintaan data anda ke Subdit Layanan dan Promosi Statistik telepon: (021) 384-1195 ext. 3230-3234 email: bpshq@bps.go.id.

Bagaimana untuk melakukan permintaan datamikro yang sama dengan periode yang berbeda?
Saat ini untuk pengajuan permintaan datamikro: 1 dataset 1 permintaan. Jika membutuhkan dataset yang sama tapi periodenya berbeda, silakan buat permintaan untuk setiap periode dataset.

Bagaimana untuk mengubah permintaan datamikro yang telah di-submit?
Jika permintaan datamikro telah di-submit, pengguna tidak lagi dapat mengubahnya. Jika ingin mengubahnya silakan hubungi kami.

Bagaimana untuk mengetahui status permintaan datamikro, apakah sudah diproses?
Jika status permintaan berubah (diproses/disetujui/meminta informasi tambahan/dibatalkan), anda akan diberitahu melalui email atau anda dapat mengeceknya di halaman profil pengguna di sistem ini (bagian permintaan datamikro). Permintaan datamikro akan dilayani sesuai dengan antrian, jika dalam jangka waktu yang lama status tidak juga berubah, silakan hubungi kami.

Bagaimana untuk mengirimkan pertanyaan, komentar, saran, maupun kritik untuk Katalog Datamikro BPS?
Anda dapat mengirimkannya melalui menu Hubungi Kami, isikan pertanyaan, komentar, saran, atau kritik anda pada formulir di halaman tersebut.


Copyright (C) 2015 BPS Statistics Indonesia. Powered by NADA 4.3 and DDI.
All Rights Reserved