BADAN PUSAT STATISTIK
Tentang Katalog Datamikro BPS

Katalog Datamikro adalah kumpulan datamikro di BPS dan informasinya (metadata) yang dikelompokan ke dalam koleksi Statistik Sosial dan Ekonomi. Kumpulan data tersebut bersumber dari Statistik Dasar, Sektoral dan Khusus sesuai dengan penyelenggaraan statistik yang diatur dalam UU Statistik No 16 Tahun 1997.

Sistem Katalog Datamikro BPS dibangun dengan NADA (NAtional Data Archive). NADA adalah aplikasi open source untuk katalog datamikro yang berbasis web yang memungkinkan membangun portal pengelolaan data (sensus, survei, maupun kompilasi) dan metadata-nya sehingga pengguna dapat mencari, membandingkan, dan jika ada kesesuaian dapat mengakses dan mengunduh data tergantung kebijakan akses untuk masing-masing data. Untuk penjelasan masing-masing kebijakan akses data dapat dilihat di Kebijakan Akses Data.

Penyiapan metadata dalam NADA dibuat menggunakan aplikasi Nesstar Publisher (Microdata Management Toolkit) yang kompatibel dengan standar metadata internasional DDI (Data Documentation Initiative) dan Dublin Core.

DDI merupakan suatu upaya (inisiatif) untuk menciptakan sebuah standar internasional untuk menggambarkan data dari ilmu-ilmu sosial, perilaku, dan ekonomi, yang disajikan dalam XML. Spesifikasi metadata DDI sekarang mendukung seluruh siklus data penelitian. Metadata DDI menyertai dan memungkinkan konseptualisasi, pengumpulan, pengolahan, distribusi, penemuan, analisis, dan pengarsipan data. XML (Extensible Markup Language) adalah format yang umum dan fleksibel untuk menyimpan suatu informasi. Format XML dapat dengan mudah digunakan untuk pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.

Katalog Datamikro terdiri dari sejumlah koleksi data dan dokumentasi baik itu kuesioner, pedoman, laporan, dan lain-lain yang dikelompokan ke dalam data sosial dan data ekonomi. Data ini dapat diakses secara keseluruhan atau dicari per jenis koleksi, tahun, jenis akses data, maupun berdasarkan kata kunci di Pusat Katalog Datamikro.

Untuk pertanyaan, komentar, saran, maupun kritik tentang Katalog Datamikro BPS dapat dikirimkan melalui Hubungi Kami.


Copyright (C) 2015 BPS Statistics Indonesia. Powered by NADA 4.3 and DDI.
All Rights Reserved